Friday, December 23, 2011

pilih mana : microsoft word atau open office writer ?

MS.OFFICE vs OPENOFFICE

Kedua software ini memiliki fungsi yang sama yaitu aplikasi office seperti word, spreadsheet / excel, presentasi, email, dan lainnya. Namun, dimana ada persamaan disitu juga ada perbedaan... Seperti orang bijak berkata "perbedaan bukan lah hal yang berarti, namun perbedaan membuat kita bisa saling melengkapi". Yup, apabila anda-anda mengetahui perbedaan antara ms. office dan open office..maka ini dapat menjadi pertimbangan suatu perusahaan untuk memangkas anggaran pengeluaran SE-KALI LAGI ANGGARAN PENGELUARAN emm.. MENGAPA DEMIKIAN ????


MS Office dan Open Office dibuat oleh perusahaan dan latar belakang yang berbeda. MS Office sendiri dibuat oleh perusahaan raksasa Microsoft yang terkenal dengan budget yang tidak terbatas. Sedangkan Open Office dibuat atas dukungan komunitas Open Source seluruh dunia. Kedua produk ini berjalan pada latar belakang dan filosofis yang berbeda. Dan sekali lagi berlaku hukum setiap produk tentu memiliki keunggulan dan kelemahan masing-masing.
Brett Bonfield sebagai Director of Fundraising and Communications for NPower Pennsylvania dan Laura S. Quinn sebagai Idealware’s Founder and Director memberikan perhatian tentang kedua produk ini. Pada intinya ms.office adalah sebuah yang berlisensi dengan harga kisaran $499 atau sekitar 5 juta rupiah untuk satu komputer, dan hal itu bisa digantikan oleh open office yang sama sekali tidak berbayar.

Keunggulan yang diberikan open office :
1. SOSIALIASI OPEN OFFICE
Seperti halnya tampilan open office yang hampir sama dengan ms office. Jadi bagi Anda yang sudah terbiasa menggunakan Ms Office akan cepat familiar dengan OpenOffice sebab menu dan featurenya sangat mirip walaupun tidak 100% sama.
2. SISTEM BARU DALAM SHARING FILE
Yang menjadi perhatian khusus adalah adanya produk Microsoft 2007 dengan ekstensi baru seperti .docx, .xlsx, dst. MIsalkan file dokumentasi yang disimpan dengan format .docx memiliki kekurangan yaitu tidak bisa dibuka dengan Microsoft Word 2003 ( .docx sudah pasti tidak dapat dibuka ) dan Open Office ( .docx sampai artikel ini ditulis April 2008, Open Office belum bisa membuka file tersebut. ). Dengan adanya hal seperti ini, tentunya harus dibuat sistem persamaan yaitu menyimpan file dengan format yang open source seperti .doc, .xls, .ppt, dst.
3. SEMANGAT OPEN SOURCE
OpenOffice.org adalah salah satu software OfficeSuite (wordprocessor, spreadsheet dan presentation) yang bersifat OpenSource sehingga bisa di download, diinstal, didistribusikan secara bebas tanpa harus membeli lisensi ratusan dolar. Sebagai salah satu alternatif pengganti Microsoft Office yang mungkin terlanjur mengakar pada kebanyakan pengguna komputer, OpenOffice secara kualitas setingkat dengan Ms Office. Tidak hanya untuk para pengguna Linux saja, OpenOffice ini juga bisa diinstal dilingkungan Ms Windows, jadi Anda tidak perlu mengeluarkan uang ratusan dolar hanya untuk membeli software OfficeSuite. Anda tinggal men-download OpenOffice di

Mari kita lihat, salah satu kemiripan aplikasi office yaitu open office writer dengan ms.word :

Coba lihat interface ms word di bawah ini :













Lalu bandingkan dengan interface openoffice writer di bawah ini :













Mirip yaaa ?? walaupun tidak 100% namun seharusnya anda harus sudah familiar karena perbedaannya sangat tipis.

Beberapa perbedaan tipis yang saya temui antara ms. word dengan openoffice writer :

1. MENU PENGATUR PAGE SETUP



Menu Page Setup pada ms.word ada pada : File lalu Page Setup.
Sedangkan pada openoffice writer : Format lalu Page





2. Menu Header - Footer



Menu Header - Footer Ms Word : View lalu Header and Footer
Pada Openoffice Writer : Insert lalu Header dan Insert lalu Footer











3. Menu Symbol (untuk insert karakter khusus misalnya, alfa, beta, gamma, dll)



Menu Symbol pada Ms.Word : Insert lalu Symbol
Pada OpenOffice Writer : Insert lalu Special Character






4. Menu Page Number



Menu Page Number Ms Word : Insert lalu Page Number
Pada OpenOffice Writer : Insert lalu Fields lalu Page Number








5. Menu Format Font


Menu Format Font Ms Word : klik kanan lalu Font
Pada OpenOffice Writer : klik kanan lalu Style








MELIHAT LEBIH DEKAT

Beberapa cuplikan fitur MSWord yang tidak di nikmati oleh Writer:
1. Grammer checker.
Walaupun sebetulnya Writer mempunyai fasilitas plug-in dimana kita dapat memasukan LanguageTool, proyek open source indepeden lainya, sebagai grammer checker.
2. Word Marco.
Writer tidak mendukung Word Marco, mungkin karena terlalu riskan karena ini merupakan sumber virus.
3. Animated Text.
Word dapat membuat animasi text.


Fitur Writer yang tidak dinikmati oleh MSWord.
1. Kesederhanaan.
2. Membuat HTML untuk Web.
3. Writer Macro. Writer mempunyai Macro sendiri yang mempunyai struktur pohon.
4. Penggunaan Find-and-Replace.
5. Besar / Size File. Besar file ODT yang dibuat menggunakan Writer biasanya lebih kecil daripada Word.


KESIMPULAN
Hampir sebagian software Linux bisa konsumen dapatkan secara bebas di internet. Hal ini dilakukan karena kemampuan daya beli konsumen masih kurang. Bisa dilihat bahwa bila konsumen menginginkan software Windows, maka konsumen diharuskan membayar software yang dibutuhkan tersebut. Tetapi di sisi lain, konsumen lebih familiar menggunakan Windows daripada Linux. Alasan inilah mengapa Windows masih dapat mempertahankan pangsa pasar yang dimiliki.

0 comments:

Post a Comment